Model-model pembelajaran ini dipilih dan disesuaikan dengan karakteristik Kompetensi Dasar/Materi Pokok
Silakan Coba!
Ø JIGSAW ( Model Tim Ahli )
( Aronson, Blaney, Stepen, Sikes, and Shapp, 1978 )
Langkah-langkah pembelajaran:
1. Siswa dikelompokkan ke dalam 4 anggota tim
2. Tiap orang dalam tim diberi bagian materi yang berbeda
3. Tiap orang dalam tim diberi bagian materi yang ditugaskan
4. Anggota dari tim yang berbeda yang telah mempelajari bagian/subbab yang sama bertemu dalam kelompok baru ( kelompok ahli ) untuk mendiskusikan subbab mereka
5. Setelah selesai diskusi, sebagai tim ahli tiap anggota kembali ke kelompok asal dan bergantian mengajar teman satu tim mereka tentang subbab yang mereka kuasai dan tiap anggota lainnya mendengarkan dengan sungguh-sungguh
6. Tiap tim ahli mempresentasikan hasil diskusi
7. Guru memberi evaluasi
8. Penutup
Ø KELILING KELOMPOK
Maksudnya agar masing-masing anggota kelompok mendapat kesempatan untuk memberikan kontribusi mereka dan mendengarkan pandangan dan pemikiran anggota lainnya.
Caranya:
1. Salah satu siswa dalam masing-masing kelompok menilai dengan memberikan pandangan dan pemikirannya mengenai tugas yang sedang mereka kerjakan
2. Siswa berikutnya juga ikut memberikan kontribusinya
3. Demikian seterusnya giliran bicara bisa dilaksanakan arah perputaran jarum jam atau dari kiri ke kanan.
Ø COORERATIVE SCRIPT ( Danserau, CS., 1985 )
Skrip kooperatif: metode belajar dimana siswa bekerja berpasangan dan bergantian secara lisan mengikhtisarkan bagian-bagian dari materi yang dipelajari.
Langkah-langkah:
1. Guru membagi siswa untuk berpasangan
2. Guru membagikan wacana/materi tiap siswa untuk dibaca dan membuat ringkasan
3. Guru dan siswa menetapkan siapa yang pertama berperan sebagai pembicara dan siapa yang berperan sebagai pendengar
4. Pembicara membacakan ringkasannya selengkap mungkin, dengan memasukkan ide-ide pokok dalam ringkasannya
Sementara pendengar:
v Menyimak/mengoreksi/menunjukan ide-ide pokok yang kurang lengkap
v Membantu mengingat/menghafal ide-ide pokok dengan menghubungkan materi sebelumnya atau dengan materi lainnya
5. Bertukar peran, semula sebagai pembicara ditukar menjadi pendengar dan sebaliknya. Semua dilakukan seperti diatas.
6. Kesimpulan siswa bersama-sama dengan guru
7. Penutup
Ø SNOWBALL THROWING
Langkah-langkah pembelajaran:
1. Guru menyampaikan materi yang akan disajikan
2. Guru membentuk kelompok-kelompok dan memanggil masing-masing ketua kelompok untuk memberikan penjelasan tentang materi.
3. Masing-masing ketua kelompok kembali ke kelompoknya, kemudian menjelaskan materi yang disampaikan oleh guru kepada temannya.
4. Masing-masing siswa diberikan satu lembar kertas kerja, untuk menuliskan satu pertanyaan apa saja yang dijelaskan oleh ketua kelompok.
5. Kertas tersebut dibuat seperti bola dan dilempar dari satu siswa ke siswa yang lain selama kurang lebih 15 menit
6. Setelah siswa dapat 1 bola /satu pertanyaan diberikan kesempatan kepada siswa untuk menjawab pertanyaan yang tertulis dalam kertas berbentuk bola tersebut secara bergantian
7. Evaluasi
8. Penutup
Ø DEBATE
Langkah-langkah pembelajaran:
1. Guru membagi 2 kelompok peserta debat yang satu pro dan yang lainnya kontra
2. Guru memberikan tugas untuk membaca materi yang akan didebatkan oleh kedua kelompok diatas
3. Setelah selesai membaca materi, guru menunjuk salah satu anggota kelompok pro untuk berbicara, lalu ditanggapi atau dibahas oleh kelompok kontra. Demikian seterusnya sampai sebagian besar siswa bisa mengemukakan pendapatnya.
4. Sementara siswa menyampaikan gagasannya, guru menulis inti ide/ide dari setiap pembicaraan di papan tulis sampai sejumlah ide yang diharapkan guru terpenuhi.
5. Guru menambahkan konsep/ide yang belum terungkap.
Dari data-data di papan tulis tersebut, guru mengajak siswa membuat kesimpulan/rangkuman yang mengacu pada topik yang ingin dicapai.
Ø NUMBERED HEADS TOGETHER ( Kepala Bernomor )
( Spencer Kagan, 1992 )
Langkah-langkah pembelajaran:
1. Siswa dibagi dalam kelompok, setiap siswa dalam kelompok mendapat nomor
2. Guru memberikan tugas dan masing-masing kelompok mengerjakannya
3. Kelompok mendiskusikan jawaban yang benar dan memastikan tiap anggota kelompok dapat mengerjakannya/mengetahui jawabannya.
4. Guru memanggil satu nomor siswa. Dengan nomor yang dipanggil mereka melaporkan hasil kerjasama.
5. Tanggapan dari teman yang lain. Kemudian guru menunjuk nomor yang lain.
6. Kesimpulan.
Ø DUA TINGGAL DUA TAMU ( Two Stay Two Stray )
( Spencer Kagen, 1992 )
Memberi kesempatan kepada kelompok untuk membagikan hasil dan informasi dengan kelompok lainnya.
Caranya:
1. Siswa bekerjasama dalam kelompok berempat seperti biasa
2. Setelah selesai,dua orang dari masing-masing kelompok bertamu ke kelompok lain
3. Dua orang yang tinggal dalam kelompok bertugas membagikan hasil kerja dan informasi mereka ke tamu mereka
4. Tamu mohon diri dan kembali ke kelompok mereka sendiri dan melaporkan temuan mereka dari kelompok lain.
Ø COOPERATIVE INTEGRATED READING AND COMPOSITION (CIRC )
Kooperatif Terpadu Membaca dan Menulis ( Steven & Slavin, 1995 )
Langkah-langkah pembelajaran:
1. Membentuk kelompok yang anggotanya 4 orang yang secara heterogen
2. Guru memberikan wacana/kliping sesuai dengan topik pembelajaran
3. Siswa bekerjasama saling membacakan dan menemukan ide pokok dan memberi tanggapan terhadap wacana/kliping yang ditulis pada lembar kertas
4. Mempresentasikan/membacakan hasil kerja kelompok
5. Guru membuat kesimpulan bersama
6. Penutup
Ø TEBAK KATA
Media:
Buat kartu ukuran 10 x 10 cm dan isilah ciri-ciri atau kata-kata lainnya yang mengarah pada jawaban ( istilah ) pada kartu yang ingin ditebak!
Buat kartu ukuran 5 x 2 cm untuk menulis kata kata atau istilah yang mau ditebak ( kartu ini nanti dilipat dan ditempel pada dahi atau diselipkan di telinga.
Langkah-langkah:
1. Jelaskan TPK atau materi kurang lebih 45 menit
2. Suruhlah siswa berdiri di depan kelas dan berpasangan
3. Seorang siswa diberi kartu yang berukuran 10 x 10 cm yang nanti dibacakan pada pasangannya. Seorang siswa yang lainnya diberi kartu berukuran 5 x 2 cm yang isinya tidak boleh dibaca ( dilipat ) kemudian ditempelkan di dahi atau diselipkan di telinga
4. Sementara siswa membawa kartu 10 x 10 cm dan membacakan kata-kata yang tertulis di dalamnya, pasangannya menebak apa yang dimaksud dalam kartu itu. Jawaban tepat bila sesuai dengan kartu yang ditempelkan di dahi atau telinga.
5. Apabila jawaban tepat ( sesuai dengan yang tertulis di kartu ) maka pasangan itu boleh duduk. Bila belum tepat pada waktu yang telah ditetapkan boleh mengarah dengan kata-kata lain asal jangan langsung memberi jawabannya.
6. Dan seterusnya.
Contoh kartu
· Perusahaan ini tanggung jawabnya tidak terbatas
· Dimiliki oleh 1 orang
· Struktur organisasinya tidak resmi
· Bila mendapat keuntungan, diambil sendiri
Nah, SIAPAKAH AKU???
Ø TAKE AND GIVE
Media:
· Kartu berukuran 10 x 15 cm sebanyak sejumlah peserta. Tiap kartu berisi sub materi ( yang berbeda dengan kartu lainnya, materi sesuai dengan TPK )
· Contoh kartu:
Nama siswa : .................. Submateri : .................. : .................. Nama yang diberi: 1. 2. 3. 4. 5. dst. |
Langkah-langkah pembelajaran:
1. Siapkan kelas sebagaimana mestinya
2. Jelaskan materi sesuai dengan TPK
3. Untuk memantapkan penguasaan peserta, tiap siswa diberi masing-masing satu kartu untuk dipelajari ( dihapal ) kurang lebih 5 menit
4. Semua siswa disuruh berdiri dan mencari pasangan untuk saling menginformasi. Tiap siswa harus mencatat nama pasangannya pada kartu contoh
5. Demikian seterusnya sampai tiap peserta dapat saling memberi dan menerima materi masing-masing ( take and give )
6. Untuk mengevaluasi keberhasilan, berikan siswa pertanyaan yang tak sesuai dengan kartunya ( kartu orang lain )
7. Strategi ini dapat dimodifikasi sesuai dengan keadaan
8. Kesimpulan
Ø THINK PAIR AND SHARE ( Frank Lyman, 1985 )
Langkah-langkah pembelajaran:
1. Guru menyampaikan inti materi dan kompetensi yang ingin dicapai
2. Siswa diminta untuk berfikir tentang materi/permasalahan yang disampaikan guru
3. Siswa diminta berpasangan dengan teman sebelahnya ( kelompok 2 orang ) dan mengutarakan hasil pemikirannya masing-masing
4. Guru memimpin pleno kecil diskusi, tiap kelompok mengemukakan hasil diskusinya
5. Berawal dari kegiatan tsb. Mengarahkan pembicaraan pada pokok permasalahan dan menambah materi yang belum diungkapkan para siswa
6. Guru memberi kesimpulan
7. Penutup
Ø PICTURE AND PICTURE
Langkah-langkah:
1. Guru menyampaikan kompetensi yang ingin dicapai
2. Menyajikan materi sebagai pengantar
3. Guru menunjukan/memperlihatkan gambar-gambar kegiatan berkaitan dengan materi
4. Guru menunjuk /memanggil siswa secara bergantian memasang/mengurutkan gambar-gambar menjadi urutan yang logis
5. Guru menanyakan alasan/dasar pemikiran urutan gambar tersebut
6. Dari alasan atau urutan gambar tsb. Guru memulai menanam konsep/materi sesuai dengan kompetensi yang ingin dicapai
7. Kesimpulan
Ø STUDENT TEAMS ACHIEVEMENT DIVISIONS ( STAD )
Tim Siswa Kelompok Prestasi ( Slavin, 1995 )
Langkah-langkah:
1. Membentuk kelompok yang anggotanya 4 orang secara heterogen ( campur menurut prestasi, jenis kelamin, suku, dll. )
2. Guru menyajikan pelajaran
3. Guru memberi tugas kepada kelompok untuk dikerjakan oleh anggota-anggota kelompok. Anggotanya lalu mengerjakan kepada anggota lainnya sampai semua anggota dalam kelompok itu mengerti
4. Guru memberi kuis/pertanyaan kepada seluruh siswa. Pada saat menjawab kius tidak boleh saling membantu
5. Memberi evaluasi
Ø BERTUKAR PASANGAN
Langkah-langkah:
1. Setiap siswa mendapat 1 pasangan ( guru bisa menunjuk pasangannya atau siswa menunjukkan pasangannya)
2. Guru memberikan tugas dan siswa mengerjakan tugas dengan pasangannya
3. Setelah selesai setiap pasangan bergabung dengan 1 pasangan yang lain
4. Kedua pasangan tsb bertukar pasangan, masing-masing pasangan yang baru ini saling menanyakan dan mengukuhkan jawaban mereka
5. Temuan baru yang didapat dari pertukaran pasangan kemudian disampaikan kepada pasangan semula
Ø GROUP INVESTIGATION ( Sharan, 1992 )
Langkah-langkah:
1. Guru membagi kelas dalam beberapa kelompok heterogen
2. Guru menjelaskan maksud pembelajaran dan tugas kelompok
3. Guru memanggil ketua-ketua untuk satu materi tugas sehingga satu kelompok mendapat tugas satu materi yang berbeda dari kelompok lain
4. Masing-masing kelompok membahas materi yang sudah ada secara kooperatif berisi temuan
5. Setelah selesai diskusi, lewat juru bicara, ketua menyampaikan hasil pembahasan kelompok
6. Guru memberikan penjelasan singkat sekaligus memberikan kesimpulan
7. Evaluasi
8. Penutup
Ø EXAMPLES NONEXAMPLES
Contoh dapat dari kasus/gambar yang relevan dengan KD
Langkah-langkah:
1. Guru mempersiapkan gambar-gambar sesuai dengan tujuan pembelajaran
2. Guru menempelkan gambar di papan tulis atau ditayangkan melalui OHP
3. Guru memberi petunjuk dan memberi kesempatan kepada siswa untuk menganalisa gambar
4. Melalui diskusi kelompok 2-3 orang siswa, hasil diskusi dari analisa gambar tsb dicatat pada kertas
5. Tiap kelompok diberi kesempatan membaca hasil diskusinya
6. Mulai dari komentar/hasil diskusi siswa, guru mulai menjelaskan materi sesuai dengan tujuan yang ingin dicapai
7. Kesimpulan
Ø SCRAMBLE
Media :
· Buatlah pertanyaan yang sesuai dengan TPK
· Buat jawaban yang diacak hurufnya
Langkah-langkah:
1. Guru menyajikan materi sesuai dengan TPK
2. Membagikan lembar kerja
Contoh :
Susunlah huruf-huruf pada kolom sehingga merupakan kata kunci ( jawaban ) dari pertanyaan kolom A!
A | B |
1. Sebelum mengenal uang, orang melakukan pertukaran dengan cara.... 2. .......digunakan dengan pembayaran yang sah 3. Uang.... saat ini banyak dipalsukan 4. Nilai perbandingan uang dalam disebut nilai......... 5. Nilai yang tertulis pada uang disebut nilai.... | 1. TARREB 2. GANU 3. TRASEK 4. STUK 5. MINALON |
Ø ARTIKULASI
Langkah-langkah:
1. Menyiapkan TPK yang ingin dicapai
2. Guru menyampaikan materi seperti biasa
3. Untuk mengetahui daya serap siswa, bentuklah kelompok berpasangan dua orang
4. Suruhlah seorang dari pasangan itu menceritakan materi yang baru saja diterima dari guru dan pasangannya dan pasangannya mendengar sambil membuat catatan-catatan kecil, kemudian bergantian peran. Begitu juga kelompok lainnya
5. Suruh siswa secara bergiliran/diacak menyampaikan hasil wawancaranya
6. Guru mengulangi/ menjelaskan kembali materi yang sekiranya belum dipahami siswa
7. Kesimpulan/penutup
Ø WORD SQUARE
Media :
· Buat kotak sesuai keperluan
· Buat soal sesuai TPK
Langkah-langkah:
1. Sampaikan materi sesuai TPK
2. Bagikan lembar kegiatan sesuai contoh
3. Siswa disuruh menjawab soal kemudian mengarsir huruf dalam kotak sesuai jawaban
4. Berikan point setiap jawaban dalam kotak
Contoh:
T | Y | E | N | I | O | K | N |
R | A | U | A | N | K | U | O |
A | B | A | R | T | E | R | M |
N | A | N | I | R | R | S | I |
S | D | G | I | I | T | G | N |
A | O | N | L | S | A | I | A. |
K | L | A | A | I | S | R | L |
S | A | C | E | K | B | O | S |
I | R | I | N | G | G | I | T |
Contoh soal:
a. Sebelum mengenal uang, orang melakukan pertukaran dengan cara....
b. .......digunakan dengan pembayaran yang sah
c. Uang.... saat ini banyak dipalsukan
d. Nilai bahan pembuatan uang disebut...
e. Kemampuan uang untuk ditukar dengan sejumlah barang dan jasa disebut nilai...
f. Nilai perbandingan uang dalam negara dengan mata uang asing disebut .........
g. Nilai yang ditulis dalam mata uang disebut nilai....
h. Dorongan seseorang menyimpan uang untuk keperluan jual beli disebut motif...
i. Perintah tertulis dari seseorang yang mempunyai rekening ke bank untuk membayar sejumlah uang disebut....
5. Setelah selesai dipentaskan, masing-masing siswa diberikan kertas sebagai lembar kerja untuk membahas
6. Masing-masing kelompok menyampaikan hasil kesimpulannya
7. Guru memberikan kesimpulan secara umum
8. Evaluasi
9. Penutup
Ø MAKE – A MACTH ( Mencari Pasangan )
( Lorna Curran, 1994 )
Langkah-langkah:
1. Guru mmenyiapkan beberapa kartu yang berisi beberapa konsep untuk topik yang cocok untuk sesi review, sebaliknya satu bagian kartu soal dan bagian lainnya kartu jawaban
2. Setiap siswa mendapatkan 1 buah kartu
3. Tiap siswa memikirkan jawaban/soal dari kartu yang dipegang
4. Setiap siswa mencari pasangan yang mempunyai kartu yang cocok dengan kartunya ( soal jawaban )
5. Setiap siswa yang dapat mencocokkan kartunya, sebelum batas waktu diberi point
6. Setelah satu babak kartu dikocok lagi agar tiap siswa mendapat kartu yang berbeda dari sebelumnya
7. Demikian seterusnya
8. Kesimpulan/penutup
Tidak ada komentar:
Posting Komentar